Pages

Rabu, 01 Juni 2011

Mengenal Event Keyboard dan fungsinya

Bab 4.
Mengenal Event Keyboard

4.1 Mengenal Event Keyboard
Event keyboard merupakan salah satu elemen utama dari interaksi antara user dengan program yang kita buat. Event keyboard terjadi saat user menekan (pressed) ataupun melepas (released) tombol pada keyboard. Menangani event keyboard dapat dilakukan pada 2 (dua) level, yaitu :
1.        Pada level kontrol (low-level) – menangani event keyboard yang terjadi pada sebuah kontrol, misalnya ketika user mengetik pada sebuah TextBox. Tidak semua kontrol mempunyai event keyboard. Hanya kontrol yang bisa mendapatkan focus (dicirikan dengan property TabIndex dan TabStop) saja yang mempunyai event keyboard.
2.        Pada level form (hight-level) – menangani event keyboard yang terjadi pada lingkup sebuah form. Artinya form akan lebih dulu merespon event keyboard daripada kontrol-kontrol yang ada di dalamnya. Agar form selalu lebih dulu merespon event keyboard maka property KeyPreview pada form tersebut harus diset menjadi True.

4.2 Jenis-jenis Event Keyboard
VB6 menyediakan 3 (tiga) jenis event pada form dan pada beberapa kontrol yang bisa menerima input dari user melalui keyboard, yaitu :
1.      Event KeyPress – terjadi ketika tombol-tombol yang mempunyai kode ASCII pada keyboard ditekan. ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah kode dari sekumpulan karakter pada tombol keyboard yang terdiri dari : abjad, angka dan beberapa karakter khusus (Enter, Escape, Tab, Backspace).
2.      Event KeyDown – terjadi ketika setiap tombol pada keyboard ditekan.
3.      Event KeyUp – terjadi ketika setiap tombol pada keyboard dilepas.

Perbedaan antara event KeyPress dengan KeyDown adalah :
Event KeyPress hanya berlaku untuk tombol-tombol yang mempunyai kode ASCII saja. Tombol tombol tertentu - seperti : tombol fungsi (F1 s/d F12), tombol panah, tombol keypad – tidak mempunyai kode ASCII.
Event KeyPress tidak bisa merespon penekanan tombol yang di kombinasi dengan Shift, Ctrl dan Alt. lebih lengkap dan jelas silahkan Download dibawah…

0 komentar:

Posting Komentar